Powered By Blogger

Kamis, 15 Mei 2014

Creative !! How to make ripped jeans


Heyhow balik lagi nih gue, pada kangen ga si ? hehhe iye gue juga kangen ama kalian semua *ngomong sendiri. Oke kali ini gue mau bagi info buat kalian - kalian semua tentang gimana caranya ngebuat ripped jeans ( jeans dengan aksen sobek ).

Okay lets we start :

1. Langkah pertama, tentu kalian harus nentuin dulu celana jeans mana yang mau kalian kasih aksen robek, ga mesti jeans yang baru, yang lama juga bisa ko. Walaupun menurut gue jeans yang baru bakalan lebih ok buat dikasih aksen robek karna bakal membuat jeans itu sendiri terlihat seperti barang mahal hehe. Tapi ada juga yang bilang kalo jeans yang udah usang itu lebih bagus, karna bisa membuat aksen sobek - sobeknya lebih natural. Pilih juga jeans dengan gradasi warna dari terang ke yang agak gelap.


2. Langkah kedua, tentuin style dengan aksen sobek yang kalian suka. Apakah sobekan dengan serat - serat halus, robekan besar, robekan banyak atau sedikit ?? Contohnya bisa kalian liat di koleksi mbah Google.   


3. Langkah selanjutnya, berdasarkan pilihan aksen sobek yang kalian pilih tentu material yang dibutuhkan juga berbeda. Misalnya, kalo pilih robekan yang tampak usang, material yang dibutuhkan adalah sabut besi, amplas dan batu apung. Nah kalo lebih yang kerobekan yang lebih besar kalian bakalan butuh gunting dan juga cutter. Oiya jangan lupa gunain balok kecil sebagai alas buat ditaruh di bagian dalam celana, jadi bagian belakang celana ga bakalan ikutan robek.


4. Tentukan area robekan, gunain pensil dan penggaris buat ngasih tanda ke area yang mau dirobek. Tapi ingat, tandanya cukup berupa panjang dari robekannya. Kalo buat lebar dan detail robekan cukup kalian tandain di otak kalian aja.


5. Masukan balok kecil yang udah disiapin tadi ke dalam celana, lalu gunain material yang udah disiapin tadi ( antara sabut besi, amplas atau batu apung ) buat digosokin ke celana sampai celananya terlihat tipis dan keluar serat - seratnya. Proses yang satu ini emang agak lama, soalnya tergantung pada ketebalan celana jeans itu sendiri.


6. Kendurkan serat - seratnya kalo kalian ga mau robekannya jadi lubang yang menganga, gunakan cutter untuk menarik serat tersebut secara perlahan pada area yang udah digosok tadi. Tarik juga benang putih yang menempel keluar. Hal ini dapat membuar aksen sobekan menjadi lebih detail dan natural.


7. Kalian juga bisa menggunakan gunting untuk membuat lubang kecil, lalu robek celana dengan menggunakan tangan. Kenapa harus menggunakan tangan ? Supaya terlihat lebih natural. Karna jika kalian menggunakan gunting untuk merobek, maka kalian akan mendapatkan hasil yang terlalu rapi dan nggak natural.


8. Langkah terakhir, jahit sekeliling robekan dengan benang putih atau benang dengan warna yang sama dengan jeans. Hal ini dimaksutkan untuk memperkuat celana, jadi sobekannya ga bakal makin besar ketika dipakai atau dicuci. Kalo sukses hasilnya bakalan kaya gini nih


Referensi : Exceljesap

Selamat mencoba and good luck guys !!

2 komentar: